Proteksi Kawasan Hutan, Kembangkan Ekowisata

26 Jan 2017, 13:32 | Dibaca : 622

Kapuas Hulu, BCC  Pengembangan ekowisata di Sungai Pelaek Desa Melembah, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu tak lepas dari peran masyarakat menjaga hutan. Tentu kalau ekowisata berkembang di dusun Sungai Pelaek nilai ekonomi masyarakat di sini sedikit demi sedikit naik. Karena di rumah panjang yang di tempati oleh masyarakat Pelaek, ibu-ibunya banyak membuat kerajinan yang berbahan dari alam seperti tikar rotan, keranjang rotan, kain tenunan yang masih menggunakan pewarna alami.

Matius Ngelembung, Kepala Dusun Sungai Pelaek mengatakan,  pengembangan ekowisata dan mempunyai daya tarik bagi pengunjung adalah Orangutan dan hutan yang masih alami. Kami suku Iban tidak memburu Orangutan karena Orangutan itu menjadi objek wisata bagi orang luar.

“ Orangutan tentunya tinggal di hutan yang lebat yang masih banyak bahan untuk mereka makan. Disini Orangutan hidup bebas dan makan dari apa yang telah disiapkan oleh hutan. Selain Orangutan, Bekantan juga banyak. Mengapa populasi mereka banyak karena itu tadi kami masyarakat di sini menjaga hutan sehingga keberlangsungan populasi mereka hingga saat ini masih bisa kita lihat”, kata Matius Ngelumbung saat ditemui pada 20 Desember 2016 lalu.

Dengan banyaknya orang yang berkunjung kata Matius maka secara otomatis mereka akan membawa oleh-oleh, dengan mereka membawa oleh-oleh tentu orang luar akan mengetahui bahwa di Dusun Pelaek kerajinan tangan yang berbahan dasar alam masih ada.

“Dengan adanya seperti itu, tentu kami masyarakat disini penjagaan hutannya semakin meningkat yang dulunya agak lalai masalah aturan di hutan. Maka dengan adanya seperti ini peraturan itu kami pertegas kembali,” jelasnya

Proteksi terhadap kawasan hutan menang  dari zaman nenek moyang sudah mereka lakukan. Karena masyarakat Dusun Sungai Pelaek sadar bahwa ketergantungan mereka terhadap hutan masih sangat tinggi. Dengan mereka menjaga kawasan maka secara tak tampak hutan memeberikan timbal balik yang terus menerus mereka nikmati untuk keberlangsungan hidup untuk anak cucu kedepannya. (Fathul Birri)




Diposting Oleh : Admin BCC
© Copyright LPSAIR 2013

0 Komentar :

(Masukkan 6 kode diatas)





©http://m.borneoclimatechange.org