Ternak Kelulut Mulai Dikembangkan

03 Mei 2017, 20:32 | Dibaca : 641

Kubu Raya BCC - kotak-kotak yang terbuat dari papan tersusun rapi disetiap rumah warga desa Dusun Jaya Desa Sungai Besar Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya, 30 April 2017. Kotak tersebut adalah sarang kelulut yang sudah disiapkan warga untuk menternakkan kelulut.

Kegiatan menternakkan kelulut baru-baru dilakukan oleh warga Dusun Jaya. Dulunya kelulut dibiarkan bersarang di pohon kelapa dan pohon-pohon lainnya. Setelah Sahabat Masyarakarat Pantai  (SAMPAN) Kalimatan, mendampingi masyarakat padang Tikar pada umumnya, pontesi madu kelulut baru terlihat.

Dahri salah satu masyarakat yang memiliki sarang kelulut buatan  mengatakan, hal ini baru dilakukan oleh masyarakat. Karena melihat peluang yang ada dan banyaknya sarang kelulut yang ada di kebun maka hal itu kami lakukan.

‘’ Potensi madu kelulut kami tahu dari Sahabat Masyarakat Pantai (SAMPAN).  Kebetulan salah satu masyarakat dari desa Tanjung Harapan mendapatkan pelatihan terkait pengembangan ternak kelulut yang menghasilkan’’, kata Dahri.

Untuk saat ini lanjut Dahri, masyarakat baru memulai. Namun sudah ada hasil yang didapat. Satu sampai dua kilogram madu sudah ada yang dapat dan dijual. Untuk satu kilogram madu kelulut dihargai 200 ribu.

‘’  Madu kekulut yang didapat itu proses pemindahan dari sarang asli ke sarang buatan. Sedangkan di sarang yang kami buat ini hanya ada induk-induknya saja sedangkan madunya belum ada’’, kata Dahri.

Harapan kedepannya lanjut Dahri, semoga kelulut yang diternakan tersebut mendatangkan hasil dan tentunya perekonomian masyarakat akan meningkat. (Fathul Birri)





Diposting Oleh : Admin BCC
© Copyright LPSAIR 2013

0 Komentar :

(Masukkan 6 kode diatas)





©http://m.borneoclimatechange.org