Jaga Danau, Masyarakat Empangau Raih Kalpataru

22 Ags 2017, 14:24 | Dibaca : 384

Pontianak, BCC - Danau Lindung Empangau terletak di Desa Empangau, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Desa ini dihuni sekitar 2.147 jiwa. Mata pencaharian mereka berporos pada dua bidang,yaitu budi daya karet dan penangkapan ikan.

Berbagai macam jenis ikan komoditi seperti toman, jelawat, baung, dan lain-lain, serta termasuk juga ikan hias arwana atau siluk (Scleropages formosus) terdapat di Danau Empangau. Tahun 2001, Peraturan Desa tentang Danau Lindung Empangau disahkan melalui SK Bupati No. 6 tahun 2001. Hal ini semakin mendorong semangat masyarakat dalam mengelola danau lindung. Saat ini, dalam satu tahun, masyarakat dapat memanen 8 – 10 ton ikan konsumsi dan 100-120 ekor anakan arwana. Hasil penjualan dari hasil panen dimasukkan ke dalam sumber pendapatan asli desa dan digunakan untuk pembiayaan kebutuhan desa, seperti dalam hal pendidikan, kesehatan, kematian, perkawinan, rumah ibadah, dan lain-lain.

Perjuangan masyarakat dalam melindungi Danau Emapangau ternyata diperhatiakan oleh pemerintah pusat, sehingga pada tanggal 2 Agustus 2017 Danau Empangau mendapatkan penghargaan Kalpataru yang diserahkan langsung oleh Presiden Jokowidodo. “Kami sangat bangga  perjuangan kami selama ini sudah ada penghargaanya yang tidak kami sangka-sangka,” kata Agus yang mewakili desanya untuk mengambil penghargaan Kalpataru.

Upaya ini bermula dari tahun 1989. Persoalan berkurangnya terus menerus hasil tangkapan menjadi latar belakang munculnya.  Kondisi ekosistem yang asri menjadikan Danau Empangau sebagai sumber daya alam dalam mendukung kehidupan masyarakat. Atas inisiatif masyarakat, Danau Empangau dikelola dengan sistem danau lindung.

Ikan arwana, satu di antara ikan hias langka saat ini, bahkan pernah hampir punah dari Danau Empangau. Kebijakan pembentukan danau lindung dianggap tepat dan mampu mengembalikan tingkat populasi ikan. Hasilnya saat ini, masyarakat tidak hanya berhasil melestarikan Ikan Arwana, namun juga berhasil menjaga tingkat populasi ikan-ikan ekonomis lainnya.(Irvan)




Diposting Oleh : Admin BCC
© Copyright LPSAIR 2013

0 Komentar :

(Masukkan 6 kode diatas)





©http://m.borneoclimatechange.org